PKM FE UNP Upgrade Guru SMK di Payakumbuh Kompetensi, Pelatihan dan Pembelajaran Ekonomi Berbasis 4C

Kebijakan yang ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mulai diterapkan awal tahun pembelajaran 2020, menuntut guru memiliki keterampilan creative, critical thinking, communicative, dan collaborative (4C) dalam kegiatan pembelajaran. Keterampilan ini perlu terus dikembangkan melalui pelatihan dan bimbingan secara terpadu. Melihat kesempatan ini tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang yang beranggotakan Jean Elikal Marna, S.Pd.,M.Pd.E Dan Annur Fitri Hayati S.Pd.,M.Pd.

Bermitra dengan Guru SMK di Payakumbuh melaksanakan kegiatan pelatihan desain pembelajaran ekonomi berbasis 4C. Kegiatan ini dilaksanakan selama bulan Juli sampai dengan bulan November 2021, Dengan pemateri Dr. Syamwil, M.Pd yang menjelaskan tentang penyusunan perangkat pembelajaran ekonomi berbasis 4C.

Dan Rita Syofyan, S.Pd.,M.Pd.E membahas tentang penyusunan evaluasi pembelajaran yang dapat memberikan informasi terkait keterampilan atau kompetensi 4C. Hal ini merupakan cara agar dapat membentuk generasi yang memiliki kompetensi mampu bersaing di masa akan datang. "Dengan kegiatan pelatihan ini diharapkan guru mampu mengintegrasikan keterampilan 4C dalam pembelajaran seperti merencanakan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran serta melakukan evaluasi pembelajaran yang mengaitkan materi untuk menumbuhkan sikap kreatif siswa," kataDr. Syamwil dalam keterangan yang diterima, Jumat (12/11/2021)

Menurutnya, menciptakan lingkungan belajar yang dapat mendorong siswa untuk menemukan ide ide baru. "Membangun perilaku berpikir kritis siswa terhadap fenomena yang terkait dengan materi pembelajaran serta mengungkapkan pemikiran, gagasan dan informasi yang mereka dapatkan secara lisan ataupun tertulis," ungkapnya. (*) Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.