Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022, Bisa Melalui ATM atau Mobile Banking Mandiri, BNI, dan BTN

Pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan menggunakan sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Dikutip dari , Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan tes masuk ke perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT. UTBK 2022 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).

Keikutsertaan dalam UTBK ini merupakan syarat utama untuk dapat mengikuti SBMPTN. Nantinya, pembayaran biaya UTBK dapat dilakukan di bank Mitra (Bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI) menggunakan slip pembayaran yang harus dilakukan paling lambat 1×24 jam. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Masukkan PIN ATM lalu pilih menu BAYAR kemudian pilih menu PENDIDIKAN. Masukkan kode perusahaan/institusi untuk UTBK LTMPT yaitu 10000. Masukkan Kode Bayar (8 digit angka) dan NISN (10 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran.

Pilih Item Pembayaran UTBK LTMPT, ketik nomor urut 1 yang ada di bagian kiri. Jika sudah benar, pilih YA. Pada menu Konfirmasi Pembayaran, cek kembali detil pembayaran (terutama Kode Bayar dan NISN), bila sudah benar pilih YA.

Pastikan muncul tulisan Transaksi Sukses pada layar dan keluar struk ATM sebagai bukti sah pembayaran. Transaksi telah selesai kemudian cetak STRUK/RESI. Login pada aplikasi Mandiri Online, kemudian pilih menu Bayar.

Pada menu Pembayaran, pilih Pendidikan. Pada bagian Pilih Penyedia Jasa, ketik Kode Institusi UTBK LTMPT yaitu 10000, kemudian pilih UTBK LTMPT di bagian bawah. Masukkan Kode Bayar (8 digit angka) dan NISN (10 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran, kemudian klik LANJUT.

Pada Konfirmasi Pembayaran, cek kembali detil pembayaran (terutama Kode Bayar dan NISN), bila sudah benar klik KONFIRMASI. Setelah pembayaran berhasil maka akan muncul Bukti Transaksi. Pilih menu Pembayaran.

Pilih Menu Berikutnya. Pilih Universitas. Pilih UTBK LTMPT.

Input Kode Bayar. Input NISN. Lalu akan muncul screen informasi terkait pembayaran dan nominal bayar.

Pilih YA jika sesuai. Pilih Tabungan. Lalu akan keluar receipt pembayaran.

Login ke BNI Mobile Banking. Pilih menu Pembayaran. Pilih menu Biaya Pendidikan.

Pilih rekening pendebetan. Pilih Pendaftaran untuk pemilihan jenis layanan. Pilih UTBK LTMPT pada institusi.

Input Kode Bayar. Input NISN. Tunggu konfirmasi pembayaran dan simpan bukti transaksinya.

Masukkan PIN ATM lalu pilih menu TRANSAKSI LAINNYA. Pada menu TRANSAKSI LAINNYA, pilih menu PEMBAYARAN. Pada menu PEMBAYARAN, pilih menu MULTIPAYMENT.

Pada menu MULTIPAYMENT, pilih menu MULTIBILLER. Pada menu MULTIBILLER, pilih Kode Biller : UTBK : 00001. Masukkan Kode Bayar+NISN (18 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK.

Menu Konfirmasi Pembayaran. Cek kembali detail pembayaran (NAMA, KODE BAYAR, NISN dan NOMINAL). Bila sudah sesuai, pilih tombol YA.

Transaksi selesai. Kemudian cetak Struk/Resi sebagai bukti pembayaran. Log in ke Mobile Banking Bank BTN. Masuk ke menu "Pembayaran".

Kemudian pilih menu "Multibiller". Pada menu halaman multibiller pilih tujuan "UTBK LTMPT" kemudian masukkan Kode Bayar+NISN (18 digit angka) pada kolom "IDPEL/No.MHS". Kemudian klik/tekan "KIRIM". Muncul halaman konfirmasi berupa Kode Bayar, NISN, Nama, Tanggal Lahir dan Nominal Pembayaran.

Apabila telah sesuai, masukkan PIN Mobile Banking Bank BTN Anda dan dilanjutkan dengan pilih "KIRIM". Kemudian akan muncul halaman Konfirmasi jika Transaksi telah sukses. Bukti transaksi ini dapat disimpan (download). 1. Memiliki Akun LTMPT yang sudah permanen.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK). 3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2022 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Catatan:

Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: Foto terbaru (berwarna) Stempel/cap sekolah

Tanda tangan Kepala Sekolah 4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2020 dan 2021 atau lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

5. Tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, dan 2022. 6. Persyaratan Tes Peserta: Peserta yang akan memilih prodi Saintek maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek;

Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum; dan Peserta yang akan memilih prodi Campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum. 7. Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.

8. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. 9. Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. 10. Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra

11. Membayar biaya UTBK melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI. Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022 Sosialisasi UTBK SBMPTN : 01 Desember 2021 15 April 2022

Pendaftaran UTBK SBMPTN : 23 Maret 15 April 2022 Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 23 Mei 2022 Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei 03 Juni 2022

Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2021 Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni 31 Juli 2022

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.