Sandiaga Uno Buka Pelatihan Voice Over Indonesia Academy 2021

Perkembangan industri kreatif di beberapa tahun belakangan ini membuat banyak insan kreatif muda Indonesia terus melahirkan produk lokal dengan standar internasional. Di era pandemi yang masih belum usai ini, banyaknya terobosan yang dilakukan oleh para pelaku industri kreatif untuk menghasilkan inovasi baru yang dengan mudahnya diterima di masyarakat. Salah satu industri kreatif yang terus berkembang adalah kreatif audio atau yang lebih familiar disebut voice over yang memiliki peran penting dalam menyampaikan sebuah pesan pada sebuah brand image.

Baik dari sektor pariwisata, pemerintah, kreatif, animasi dan film, bahkan instansi pendidikan pun mulai menyemarakan trend audio dan voice over. Hal tersebut ditandai dengan munculnya berbagai macam konten di masyarakat yang mengandalkan kualitas cerita dengan konsep penyampaiannya melalui suara. Tentu hal ini menjadi perhatian pemerintah, khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bersama dengan pelaku industri kreatif Indonesia, Kemenparekraf/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyadari perlu adanya sebuah pelatihan yang menyeluruh untuk meningkatkan kualitas hasil karya insan kreatif muda dengan voice over yang mampu bersaing dalam pasar nasional maupun internasional. Menyambut hal baik ini, Kemenparekraf/ Baparekraf melalui Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio (APTR), Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif menyelenggarakan sebuah program yang diperuntukan bagi insan muda kreatif Indonesia yang ingin memperdalam teknik voice over agar lebih siap terjun ke industri. Salah satu program unggulan di penghujung tahun 2021 ini, berjudul 'Voice' (Voice Over Indonesia Academy 2021).

Pelatihan Voice ini akan diselenggarakan secara Offline dengan konsep Full Day Training selama 4 hari berturut turut di beberapa kota strategis untuk memunculkan bakat bakat muda kreatif di seluruh penjuru tanah air. Setelah pelatihan perdana di Bogor, kini 'Voice' diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 8 November 2021 di Vega Hotel Gading Serpong Tangerang dan diikuti oleh 20 orang peserta yang sudah di seleksi langsung oleh pakar industri voice over. Pembukaan pelatihan Voice ini, dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno menyampaikan pelaksanaan pelatihan seperti bertujuan menjembatani para anak muda, program ini untuk mengakomodasi kebutuhan seni suara yang semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital apa saja tentunya mulai dari film, video dan platform digital. “Kita tahu semua, kebutuhan seni suara semakin meningkat seiring berkembangnya konten digital apa saja tentunya mulai dari film, video dan platform digital. Industri kreatif mendukung hal ini. Anak muda harus mengambil kesempatan baik ini,” tutur Sandiaga Uno. Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tangerang, bapak Drs.H. Karnadi M.Si (mewakili Kepala Dinas, H.A Surya Wijaya) mengatakan pihaknya sangat mendukung penuh terlaksananya kegiatan ini. “Kami sangat mendukung kreatifitas anak anak remaja untuk terus berinovatif dalam segala bidang. Termasuk bisang seni suara seperti penyelenggaraan saat ini,” ujar Karnadi.

Seluruh pelatihan Voice ini sudah dirancang dan akan dibina langsung oleh tokoh tokoh populer di industri voice over. Pelatihan juga didukung sepenuhnya oleh Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekrag RI, M Neil El Himam dan Direktur Aplikasi, Permainan, Televisi dan Radio Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah. Untuk teknik olah vocal akan dibina oleh Tisa Julianti yang sudah belasan tahun menjadi Dubber dan Voice Over, Announcer hingga menjadi penyanyi disalah satu program Disney.

Untuk materi kreatif dan copywriting akan diberikan oleh Agus Hariyadi yang merupakan Creative & Voice Director, Copywriter diberbagai project bergengsi di tanah air. Agar teknik olah vokal yang semakin matang, Ian Saybani sebagai Professional Voice Over, Dubber, Radio Announcer akan menyempurnakan materi selama pelatihan berlangsung. Sebagai salah satu alur proses produksi audio, ada Moh Tri Hastomo sebagai praktisi Sound Engineer yang akan membina para peserta dalam menyempurnakan hasil karya mereka.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Direktorat Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio melalui kegiatan pelatihan voice over ini diharapkan terjadi pembangunan ekosistem di subsektor Aplikasi, Pengembangan Permainan, TV dan Radio dalam menghadapi perkembangan digital. Pelatihan 'Voice' ini akan terus berlanjut untuk menemukan bakat muda kreatif di seluruh penjuru tanah air. Tunggu informasi selengkapnya untuk pelatihan 'Voice' di kota selanjutnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.